Ternyata KBRI Buenos Aires Pulangkan WNI Korban Kapal Tenggelam di Atlantik

KBRI Buenos Aires memulangkan 7 WNI sebagai korban selamat tenggelamnya kapal ikan FV Dorneda. Beberapa WNI yang profesinya menjadi ABK di kapal itu akan diserahkan oleh Kementerian Luar Negeri pada BNP2TKI serta agen pengiriman untuk dipulangkan ke daerah semasing.

Ke-7 WNI itu datang pada Sabtu, (28/7/2018) dengan penerbangan dari Amsterdam. Awal mulanya, telah ada 1 WNI yang terlebih dulu dipulangkan pada 19 Juli 2018 kemarin.

Kapal FV Dorneda sendiri adalah kapal ikan berbendera Spanyol yang terbenam di Samudera Atlantik pada 10 Juli 2018 kemarin. Kapal itu diawaki oleh 27 ABK serta 8 salah satunya ialah WNI.

Penyelamatan kapal terbenam itu dikerjakan oleh Pusat Pengaturan Penyelamatan Maritim Argentina (MRSC), Angkatan Laut Argentina. Dari operasi itu, 25 ABK termasuk juga 8 WNI sukses diselamatkan.

Kapal penyelamat sendiri mengevakuasi beberapa ABK itu ke dua tempat berlainan. Ada yang ke Argentina, ada juga yang ke Montevideo, Uruguay termasuk juga 7 WNI.

Tahu ada 7 WNI yang dibawa ke Montevideo, Duta Besar RI untuk Argentina yang merangkap Uruguay, Niniek Kun Naryatie memerintah Konsul Kehormatan RI untuk Uruguay, Nocolas Potrie, untuk mengatasi mereka.

“7 ABK datang di pelabuhan Montevideo pada 15 Juli 2018. Saya suka lihat mereka selamat,” tutur Nicolas Potrie.

Read More:

Niniek bersama dengan Team KBRI Buenos Aires lalu menyusul ke Montevideo. Tidak hanya pastikan ke-7 WNI diatasi dengan baik, kehadiran Team KBRI Buenos Aires pun dalam rencana pastikan hak-hak ke-7 WNI dipenuhi dengan agen kapal di Montevideo.

“Ke-7 WNI alhamdulillah dalam keadaan sehat. Sesudah lewat negosiasi, pada akhirnya kami dapat juga mengusahakan kompensasi dari agen kapal dalam jadwal pelni 2019 besaran yang ideal, tidak hanya upah yang tersisa serta ticket pemulangan. Keselamatan serta hak mereka jadi perhatian penting kami,” papar Ninek.

Ke-7 WNI itu ialah Wawan Setiawan asal Pemalang, Yusuf Irfanto asal Pemalang, Sultoni asal Pemalang, Dian Hariman asal Brebes, Mufarikhun asal Pekalongan, Nanang Hidayatulloh asal Tegal, serta Washadi asal Brebes. Sesaat seseorang WNI asal Pemalang, Masrudin Sudarmanto yang selamat dibawa oleh kapal berlainan ke pelabuhan Mar Del Plata, Argentina.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *